Macam Kopi Robusta – Onlineshop Coffee Maker Di Kupangkrajan

Macam Kopi Robusta – Onlineshop Coffee Maker Di Kupangkrajan



Macam Kopi Robusta – Onlineshop Coffee Maker Di Kupangkrajan - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Onlineshop Coffee Maker Di Kupangkrajan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di web Macam Kopi Robusta – Onlineshop Coffee Maker Di Kupangkrajan, mudah-mudahan bermakna.

0 comments