Macam Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Glagah, Banyuwangi

Macam Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Glagah, Banyuwangi



Macam Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Glagah, Banyuwangi - Kendati kian banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Glagah, Banyuwangi


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di blog Macam Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Glagah, Banyuwangi, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments