Macam Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Martapura

Macam Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Martapura



Macam Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Martapura - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Martapura


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di web Macam Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Martapura, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments