Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Tulang Bawang Udik, Tulang Bawang Barat

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Tulang Bawang Udik, Tulang Bawang Barat



Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Tulang Bawang Udik, Tulang Bawang Barat - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Tulang Bawang Udik, Tulang Bawang Barat


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam web Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Tulang Bawang Udik, Tulang Bawang Barat, mudah-mudahan berguna.

0 comments