Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Batuceper, Tangerang

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Batuceper, Tangerang



Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Batuceper, Tangerang - Biar makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Batuceper, Tangerang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam website Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Batuceper, Tangerang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments