Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Hiliduho, Nias

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Hiliduho, Nias



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Hiliduho, Nias - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Hiliduho, Nias


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam halaman Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Hiliduho, Nias, moga-moga bermanfaat.

0 comments