Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Telanaipura, Jambi

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Telanaipura, Jambi


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Telanaipura, Jambi - Biar kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Telanaipura, Jambi


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di blog Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Telanaipura, Jambi, moga-moga bermakna.

0 comments