Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Semadam, Aceh Tenggara

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Semadam, Aceh Tenggara


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Semadam, Aceh Tenggara - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Semadam, Aceh Tenggara


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Semadam, Aceh Tenggara, semoga ada gunanya.

0 comments