Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya


Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam website Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya, moga-moga ada gunanya.

0 comments