Membuat Kopi Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tolikara

Membuat Kopi Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tolikara


Membuat Kopi Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tolikara - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua pernah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tolikara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di blog Membuat Kopi Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tolikara, semoga berguna.

0 comments