Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Coffee Maker Di Sungai Are, OKU Selatan

Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Coffee Maker Di Sungai Are, OKU Selatan



Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Coffee Maker Di Sungai Are, OKU Selatan - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Coffee Maker Di Sungai Are, OKU Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di website Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Coffee Maker Di Sungai Are, OKU Selatan, semoga bermanfaat.

0 comments