Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Pembuat Kopi Di Tebing Tinggi, Balangan

Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Pembuat Kopi Di Tebing Tinggi, Balangan



Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Pembuat Kopi Di Tebing Tinggi, Balangan - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Pembuat Kopi Di Tebing Tinggi, Balangan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam blog Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Pembuat Kopi Di Tebing Tinggi, Balangan, mudah-mudahan berguna.

0 comments