Membuat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Danau Kerinci, Kerinci

Membuat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Danau Kerinci, Kerinci


Membuat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Danau Kerinci, Kerinci - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Danau Kerinci, Kerinci


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di blog Membuat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Danau Kerinci, Kerinci, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments