Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Membalong, Belitung

Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Membalong, Belitung


Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Membalong, Belitung - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Membalong, Belitung


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam web Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Membalong, Belitung, semoga ada manfaatnya.

0 comments