Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tungkal Jaya, Musi Banyuasin

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tungkal Jaya, Musi Banyuasin


Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tungkal Jaya, Musi Banyuasin - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tungkal Jaya, Musi Banyuasin


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di website Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tungkal Jaya, Musi Banyuasin, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments