Meracik Kopi Hitam – Toko Coffee Maker di Salang, Simeulue

Meracik Kopi Hitam – Toko Coffee Maker di Salang, Simeulue


Meracik Kopi Hitam – Toko Coffee Maker di Salang, Simeulue - Kendati kian banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Toko Coffee Maker di Salang, Simeulue


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di halaman Meracik Kopi Hitam – Toko Coffee Maker di Salang, Simeulue, moga-moga bermakna.

0 comments