Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Hulu Sungai, Ketapang

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Hulu Sungai, Ketapang


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Hulu Sungai, Ketapang - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Hulu Sungai, Ketapang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di halaman Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Hulu Sungai, Ketapang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments