Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Jambewangi, Selopuro, Blitar

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Jambewangi, Selopuro, Blitar


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Jambewangi, Selopuro, Blitar - Meski makin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Jambewangi, Selopuro, Blitar


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di blog Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Jambewangi, Selopuro, Blitar, semoga ada manfaatnya.

0 comments