Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Pembuat Kopi Di Gunungjati, Cirebon

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Pembuat Kopi Di Gunungjati, Cirebon


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Pembuat Kopi Di Gunungjati, Cirebon - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Pembuat Kopi Di Gunungjati, Cirebon


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam web Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Pembuat Kopi Di Gunungjati, Cirebon, mudah-mudahan berguna.

0 comments