Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Coffee Maker Di Bungur, Tapin

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Coffee Maker Di Bungur, Tapin


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Coffee Maker Di Bungur, Tapin - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Coffee Maker Di Bungur, Tapin


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun kekhasan paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah di blog Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Coffee Maker Di Bungur, Tapin, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments