Resep Membuat Kopi Enak – Kios Pembuat Kopi Di Habinsaran, Toba Samosir

Resep Membuat Kopi Enak – Kios Pembuat Kopi Di Habinsaran, Toba Samosir


Resep Membuat Kopi Enak – Kios Pembuat Kopi Di Habinsaran, Toba Samosir - Kendati kian ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Enak – Kios Pembuat Kopi Di Habinsaran, Toba Samosir


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di blog Resep Membuat Kopi Enak – Kios Pembuat Kopi Di Habinsaran, Toba Samosir, semoga ada gunanya.

0 comments