Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sari

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sari



Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sari - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sari


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di website Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sari, mudah-mudahan berguna.

0 comments