Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Kios Mesin Coffee Maker Di Bangka Tengah

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Kios Mesin Coffee Maker Di Bangka Tengah



Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Kios Mesin Coffee Maker Di Bangka Tengah - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Kios Mesin Coffee Maker Di Bangka Tengah


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun ciri khas paling kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di web Tips Membuat Kopi Ala Cafe – Kios Mesin Coffee Maker Di Bangka Tengah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments