Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jatipurno, Wonogiri

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jatipurno, Wonogiri


Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jatipurno, Wonogiri - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jatipurno, Wonogiri


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah di halaman Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jatipurno, Wonogiri, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments