Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Pulang Pisau

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Pulang Pisau


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Pulang Pisau - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Pulang Pisau


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam web Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Pulang Pisau, semoga ada manfaatnya.

0 comments