Cara Meracik Kopi Ala Barista – Penjual Coffee Maker Di Rusip Antara, Aceh Tengah

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Penjual Coffee Maker Di Rusip Antara, Aceh Tengah


Cara Meracik Kopi Ala Barista – Penjual Coffee Maker Di Rusip Antara, Aceh Tengah - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Penjual Coffee Maker Di Rusip Antara, Aceh Tengah


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di website Cara Meracik Kopi Ala Barista – Penjual Coffee Maker Di Rusip Antara, Aceh Tengah, moga-moga berguna.

0 comments