Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Rambang Kapak Tengah, Prabumulih

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Rambang Kapak Tengah, Prabumulih



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Rambang Kapak Tengah, Prabumulih - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Rambang Kapak Tengah, Prabumulih


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah dalam blog Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Rambang Kapak Tengah, Prabumulih, moga-moga berguna.

0 comments