Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Teluk Gelam, OKI

Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Teluk Gelam, OKI



Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Teluk Gelam, OKI - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah mengerti karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Teluk Gelam, OKI


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di halaman Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi Di Teluk Gelam, OKI, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments