Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Coffee Maker Di Kasembon, Malang

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Coffee Maker Di Kasembon, Malang


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Coffee Maker Di Kasembon, Malang - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Coffee Maker Di Kasembon, Malang


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam halaman Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Coffee Maker Di Kasembon, Malang, moga-moga bermanfaat.

0 comments