Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Kelapa Dua, Tangerang

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Kelapa Dua, Tangerang



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Kelapa Dua, Tangerang - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Kelapa Dua, Tangerang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Kelapa Dua, Tangerang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments