Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Mejobo, Kudus

Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Mejobo, Kudus


Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Mejobo, Kudus - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Mejobo, Kudus


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam blog Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Mejobo, Kudus, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments