Jenis Kopi Robusta – Penjual Coffee Maker Di Pagar Alam Utara, Pagar Alam

Jenis Kopi Robusta – Penjual Coffee Maker Di Pagar Alam Utara, Pagar Alam


Jenis Kopi Robusta – Penjual Coffee Maker Di Pagar Alam Utara, Pagar Alam - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Penjual Coffee Maker Di Pagar Alam Utara, Pagar Alam


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam blog Jenis Kopi Robusta – Penjual Coffee Maker Di Pagar Alam Utara, Pagar Alam, semoga berguna.

0 comments