Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Simokerto

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Simokerto


Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Simokerto - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Simokerto


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di website Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Simokerto, mudah-mudahan bermakna.

0 comments