Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker Di Pesanggaran, Banyuwangi

Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker Di Pesanggaran, Banyuwangi


Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker Di Pesanggaran, Banyuwangi - Biar kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker Di Pesanggaran, Banyuwangi


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam blog Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker Di Pesanggaran, Banyuwangi, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments