Khasiat Kopi Badang – Penjual Pembuat Kopi di Lembursitu, Sukabumi

Khasiat Kopi Badang – Penjual Pembuat Kopi di Lembursitu, Sukabumi



Khasiat Kopi Badang – Penjual Pembuat Kopi di Lembursitu, Sukabumi - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Penjual Pembuat Kopi di Lembursitu, Sukabumi


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam web Khasiat Kopi Badang – Penjual Pembuat Kopi di Lembursitu, Sukabumi, semoga berpengaruh.

0 comments