Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Samatiga, Aceh Barat

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Samatiga, Aceh Barat



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Samatiga, Aceh Barat - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Samatiga, Aceh Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di web Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Jual Mesin Pembuat Kopi di Samatiga, Aceh Barat, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments