Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Merek, Karo

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Merek, Karo



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Merek, Karo - Biar semakin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Merek, Karo


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di blog Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Merek, Karo, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments