Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Pembuat Kopi di Selogiri, Wonogiri

Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Pembuat Kopi di Selogiri, Wonogiri



Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Pembuat Kopi di Selogiri, Wonogiri - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Pembuat Kopi di Selogiri, Wonogiri


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi di halaman Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Pembuat Kopi di Selogiri, Wonogiri, semoga ada manfaatnya.

0 comments