Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Oksibil

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Oksibil



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Oksibil - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Oksibil


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di halaman Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Oksibil, semoga bermakna.

0 comments