Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Meureudu

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Meureudu


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Meureudu - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Meureudu


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di website Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Meureudu, moga-moga bermanfaat.

0 comments