Khasiat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sindur, Bogor

Khasiat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sindur, Bogor


Khasiat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sindur, Bogor - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sindur, Bogor


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di website Khasiat Kopi Pahit – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gunung Sindur, Bogor, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments