Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Pembuat Kopi Di Brebes, Brebes

Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Pembuat Kopi Di Brebes, Brebes



Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Pembuat Kopi Di Brebes, Brebes - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Pembuat Kopi Di Brebes, Brebes


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di web Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Pembuat Kopi Di Brebes, Brebes, moga-moga bermanfaat.

0 comments