Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pematangsiantar

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pematangsiantar



Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pematangsiantar - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pematangsiantar


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di blog Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Wanita – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pematangsiantar, semoga bermakna.

0 comments