Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbangan, Kendal

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbangan, Kendal


Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbangan, Kendal - Biar makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbangan, Kendal


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam website Kriteria Jenis Kopi Toraja – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbangan, Kendal, moga-moga berguna.

0 comments