Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Coffee Maker di Tabir, Merangin

Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Coffee Maker di Tabir, Merangin


Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Coffee Maker di Tabir, Merangin - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Coffee Maker di Tabir, Merangin


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di web Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Coffee Maker di Tabir, Merangin, moga-moga berguna.

0 comments