Macam Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker Di Batang Alai Utara, Hulu Sungai Tengah

Macam Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker Di Batang Alai Utara, Hulu Sungai Tengah


Macam Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker Di Batang Alai Utara, Hulu Sungai Tengah - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker Di Batang Alai Utara, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di halaman Macam Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker Di Batang Alai Utara, Hulu Sungai Tengah, semoga bermanfaat.

0 comments