Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Bondowoso

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Bondowoso



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Bondowoso - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Bondowoso


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel dalam blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Bondowoso, moga-moga berpengaruh.

0 comments