Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Leles, Cianjur

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Leles, Cianjur



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Leles, Cianjur - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Leles, Cianjur


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi dalam website Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Leles, Cianjur, semoga berguna.

0 comments