Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker di Sukun, Malang

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker di Sukun, Malang


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker di Sukun, Malang - Biar kian ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker di Sukun, Malang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di web Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Coffee Maker di Sukun, Malang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments