Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tuah Negeri, Musi Rawas

Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tuah Negeri, Musi Rawas


Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tuah Negeri, Musi Rawas - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tuah Negeri, Musi Rawas


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam web Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Tuah Negeri, Musi Rawas, semoga ada gunanya.

0 comments